Sabtu, 20 Agustus 2016 07:01 WITA

Motor Dinas Jadi Perpustakaan, Babinsa Darwis Sebar Pengetahuan di Pedalaman

Editor: Andi Chaerul Fadli
Motor Dinas Jadi Perpustakaan, Babinsa Darwis Sebar Pengetahuan di Pedalaman

RAKYATKU.COM, MAMASA - Akses informasi cukup sulit dan penyebaran pengetahuan terbilang setengah-setengah. 

Inilah salah satu gambaran yang ada di Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Kondisi ini juga yang mendorong Serka Darwis Tiro, Babinsa Koramil 1402-07 Mambi untuk menyalurkan bantuan.

Bukan berupa dana. Darwis hanya mampu menyulap kendaraannya menjadi perpustakaan keliling bagi anak-anak di kawasan terpencil Sulawesi Barat itu.

Motor Dinas pun dimodifikasi dengan tambahan keranjang bak pedagang bakso keliling. Buku-buku yang sudah disiapkan dari rumah disusun rapi di dalam kotak hijau yang dibuatnya.

Satu, dua sekolah disinggahi untuk menyebar pengetahuan dari halaman-halaman yang ditenteng motor sport milik negara itu. 

"Mungkin dengan Motor Pustaka ini bisa menjadi solusi untuk membantu mereka. Agar tidak ketinggalan informasi, sekaligus menumbuhkan kembali budaya membaca," kata Darwis.

Motor Dinas Jadi Perpustakaan, Babinsa Darwis Sebar Pengetahuan di PedalamanMotor Pustaka di pedalaman Sulawesi Barat

Menurutnya, pembangunan karakter bangsa mesti dilakukan merata. Masyarakat yang menetap di kawasan terpencil, bagi dia, punya hak yang sama dalam memeroleh informasi.

Prinsipnya, tak ada akar, rotan pun jadi. "Kalau daerah yang sudah terjangkau jaringan komunikasi, pelajar bisa menikmati bacaan lewat medsos. Sementara yang didaerah terpencil, dengan keterbatasan sarana komunikasi," jelasnya.

Dukungan masyarakat sekitar menjadi bahan bakar Darwis menembus daerah pedalaman.

Muhammad Arif, satu dari beberapa orangtua siswa yang mendukung langkah Darwis. "Motor Pustaka ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kami," kata Arif. 

"Apalagi dengan cara seperti itu, membuat tentara semakin menyatu dengan masyarakat dan anak-anak juga tidak takut lagi sama tentara."

Berita Terkait