Jumat, 23 September 2016 10:30 WITA

Berawal dari Office Boy Hingga Akhirnya Menjadi General Manager

Editor: Almaliki
Berawal dari Office Boy Hingga Akhirnya Menjadi General Manager
Andi Junaidi Salam

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Andi Junaidi Salam adalah dikenal pekerja keras dan tanggung jawab. Karennya, beliau telah menduduki posisi General Manager Dalton Hotel Makassar. Karirnya di dunia perhotelan dimulai dari posisi terbawah.

Tahun 1996, di sinilah karir pria kelahiran 11 april 1975, di dunia perhotelan dimulai. Mendaftar sebagai Bell Boy saat itu dengan berbekal ijazah SMA, namun karena hotel tersebut masih tahap pembangunan, sehingga dirinya diterima hanya sebagai Office Boy. 

Kala bercerita pada Rakyatku.com, menjadi seorang Office Boy diakuinya tidak membuatnya malu, walaupun profesi tersebut dikatakan profesi yang terbawah. Karena baginya pekerjaan apapun itu, selama kita ikhlas dan dilakukan dengan konsisten, tetap akan memberikan berkah tersendiri.

"Selain itu saya juga mengangap pekerjaan apapun itu kalau di dunia perhotelan tidak ada yang jelek, sekalipun itu office boy, justru apapun pekerjaannya kalau di dunia perhotelan tetap harus bangga, karena kerja di dunia perhotelan banyak ilmu yang didapatkan," ujar anak kedua dari  empat bersaudara ini.

Dengan ketelatenan dan kerja yang maksimal, secara bertahap dia mencapai promosi jabatan hingga level tertinggi sebagai General Manager pada 2011. Pria kelahiran 1975 ini telah mencicipi berbagai macam posisi dan jabatan selama berkarir di dunia hospitality. Bahkan hingga di beberapa kota.

Pria yang senang menghabiskan waktu dengan keluarganya ini mengatakan, untuk bisa berhasil meniti karir dari bawah, kuncinya dengan menjalani setiap pekerjaan sebagai ladang ibadah dan menjadikannya tempat untuk terus belajar.

"Saya pun bisa seperti sekarang ini tidak lepas dari doa orang tua, termasuk ibu saya. Orang tua selalu mendukung apapun itu malah tidak pernah merasa malu apapun pekerjaan saya, bahkan saat diposisi paling bawah pun. Karena baginya, apapun itu selama baik dan bagus, akan selalu mereka doakan," jelas pria Lulusan S1 IT salah satu universitas swasta di Makassar ini.

Ditanya lebih jauh, suami dari Shesie Erisoya ini mengaku awalnya berkeinginan menjadi seorang polisi, karena melihat pamannya. Namun niat tersebut kandas, karena dirinya merasa kurang yakin bisa menjalani profesi abdi negara tersebut, jika harus ditempatkan di suatu daerah yang jauh.

"Walaupun cita-cita tersebut kandas, namun dengan apa yang saya jalani sekarang sudah sangat luar biasa, karena bagi saya cita-cita bukan suatu yang menentukan kesuksesan. Saya pun, tipe orang yang tidak melihat jabatan dan pendapatan tapi saya bila merasakan nyaman pada pekerjaan tersebut, saya terus pertahankan dan tingkatkan komitmen kerja saya," pungkasnya

Sekarang sebagai GM Dalton Hotel, dirinya memiliki visi untuk membawa hotel ini menjadi salah satu hotel andalan di kawasan utara Makassar, dan semakin sukses ke depannya.
Namun, untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, perlu terus belajar dan belajar, bagaimana memberikan pelayanan terbaik untuk tamu dan memegang teguh tanggung jawab yang besar.

"Dengan rasa kekeluargaan rekan-rekan manajemen Hotel Dalton, dan kejujuran serta kerja keras bersama, saya yakin mampu mencapai visi saya ke depan," harapnya.

Anak dari pasangan Abdul Salam dan Tri Martini ini, terus meyakinkan bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan konsistensi yang panjang. Itu yang selalu ditanamkan. Bahkan dia bagi untuk teman-teman bahkan seluruh karyawannya di Hotel.

Dan Uniknya, GM yang dikenal sangat ramah ini sangat senang dengan musik dan cinta dengan hewan. Terbukti dengan dimilikinya tempat penitipan hewan (kucing) di Alauddin. Kini dirinya juga telah memiliki 70 kucing peliharaan yang masing-masing peliharaannya memiliki nama yang unik.

Berawal dari Office Boy Hingga Akhirnya Menjadi General Manager