Selasa, 27 September 2016 15:04 WITA

Dari Hobi, Lukman Latief Sukses Bangun Rumah Makan Bego's

Editor: Jumardin Akas
Dari Hobi, Lukman Latief Sukses Bangun Rumah Makan Bego's
Lukman Latief

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bagi sebagian orang, mungkin lebih mengenal nama Lukman Latief sebagai Manajer Pemasaran di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Makassar Somba Opu.

Namun, siapa sangka ternyata pria asli Kabupaten Pinrang ini merupakan salah satu pemilik Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi (Bego's) yang terletak di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar.

Lahir dari pasangan yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani bukan menjadi penghalang bagi Lukman untuk terus maju menggapai impiannya untuk meraih pendidikan tinggi.

"Walaupun orang tua saya petani dengan penghasilan yang tidak seberapa, tapi mereka sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya, sehingga saya dan saudara-saudara saya bisa meraih apa yang diinginkannya," kata Lukman pada Rakyatku.com sembari menikmati jus jeruk segar sajian rumah makanan bernuansa hijau tersebut.

Lulus dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Jurusan Ekonomi tahun 2002, Lukman kemudian diterima bekerja di BRI, "Alhamdulillah usai kuliah saya tidak sampai merasakan yang namanya pengangguran karena langsung kerja di BRI."

Bekerja dibidang perbankan yang rutin berkunjung ke seluruh wilayah Indonesia membuatnya hampir setiap saat dapat menikmati sajian kuliner khas daerah tersebut.

"Hobi saya itu berwisata kuliner, jadi setiap saya tugas di daerah tertentu, disamping saya kerja pasti saya selalu menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner khas daerah itu. Nah khusus bebek ini, di tahun 2013 saya kebetulan ke Solo dan mencoba Bebek Slamet, pas saya cicipi rasa kok enak sekali. Pengalaman inilah yang kemudian menginspirasi saya untuk membuka usaha sejenis," kenangnya.

Dari Hobi, Lukman Latief Sukses Bangun Rumah Makan Bego's

Berulang kali mengalami kendala untuk merealisasikan impiannya akibat banyaknya kesibukan, tidak serta merta menyurutkan keinginanan tersebut. Bagai dayung bersambut, salah seorang teman yang juga berasal dari Kabupaten Pinrang kemudian mengajaknya untuk bergabung mendirikan sebuah rumah makan.

Mengingat masih sedikitnya rumah makan yang menyajikan makanan olahan bebek di Sulawesi, maka Lukman dan tujuh orang temannya kemudian bersama-sama mendirikan rumah makan.

"Jadi selama tiga bulan kami melakukan pertemuan rutin untuk merundingkan semuanya, mulai dari menu, rancangan tempat, dan lain-lain. Alhamdulillah kami diberikan kemudahan hingga akhirnya berdirilah rumah makan Bebek Goreng Sulawesi ini," tuturnya.

Tidak berhenti sampai disitu, Lukman bersama kawan-kawan ingin lebih memperluas usaha dengan mendirikan cabang ke berbagai daerah di Indonesia.

"Harapan kami tentunya bisnis yang berawal dari hobi ini bisa semakin dikembangkan, bahkan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Sulawesi," pungkasnya.

Dari Hobi, Lukman Latief Sukses Bangun Rumah Makan Bego's