Jumat, 21 Oktober 2016 16:47 WITA

RMS Beberkan Masa Lalunya Sebelum Jadi Pengusaha

Editor: Almaliki
RMS Beberkan Masa Lalunya Sebelum Jadi Pengusaha
Rusdi Masse (berpeci)

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Bupati Sidrap Rusdi Masse (RMS) menjadi narasumber pada acara bertajuk "inspirasi untuk aksi", Jumat (21/10/2016) di Islamic Center Parepare.

Di sana, RMS berbagi pengalaman soal proses perjalanan hidupnya yang dimulai dari nol hingga menjadi seorang pengusaha sukses serta menjadi orang nomor satu di Sidrap.

"Saya dulu memang hanya seorang kuli pelabuhan. Hanya angkut mobil dan disusun di atas kapal ekspedisi. Tapi dengan semangat dan kejujuran itu, bisa saya berkembang dengan cepat," ujarnya.

Mantan legislator Sidrap ini juga di depan pengusaha muda dan pelajar di Parepare membeberkan bahwa selain sebagai kuli pelabuhan dia juga pernah menjadi seorang sales susu.

"Awalnya naik motor jual susu sampai naik mobil box. Tapi dasar saya selalu mau mencari yang terbaik, saya keluar dari penjualan susu. Akhirnya saya melamar menjadi sopir truk," bebernya.

Beberapa bulan menjadi supir truk, karena semangat kerja yang baik dibungkus dengan kejujuran, pemilik perusahaan kemudian mengangkat RMS menjadi Manajer Operasional.

Berjalan beberapa bulan, RMS tidak betah kemudian memilih keluar dari perusahaan itu selanjutnya memilih menekuni bisnis ekspedisi.

"Prinsip saya, biar usaha kecil yang penting saya bosnya. Daripada perusahaan besar, bukan saya bosnya. Jadi di situ filosofinya, kenapa saya selalu mau mencari jalan untuk berusaha dan menjadi pemilik," bebernya.

Pada kesempatan itu, dibuka sesi tanya-jawab. Dengan semangat dan cara verbal yang khas, RMS membeberkan bagaimana cara mentaktisi jika kita ingin berwirausaha.

"Jangan pernah berpikir untuk selalu gagal. Lihat peluang secara cermat, ambil jika ada peluang. Hal-hal kecil bisa jadi besar sepanjang kita fokus dan punya semangat," ujar RMS.

Saat ditanya oleh mahasiswa, mana lebih baik, wirausaha dibanding pemerintahan atau bupati. Dengan tegas RMS mengatakan bahwa jauh lebih baik jadi pengusaha.

"Jauh lebih asyik pengusaha dibanding politisi. Bayangkan bos, kalau politisi baru kita jadi narasumber di sini, sudah dibilangi kita mau maju di Pilgub. Tapi kalau pengusaha, mau apa saja, kita bisa," ujarnya.

"Tapi kalau dipadukan dua-duanya maka itu luar biasa," ujarnya.

Makanya, kata RMS, dirinya meminta kepada generasi muda sekarang untuk menjadi pengusaha. "Jangan terikat dan terdogma untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Jadi pengusaha dong," imbuhnya.