Minggu, 01 Mei 2016 16:39 WITA

Ayu, Kades Cantik yang Tak Sungkan Ayungkan Parang

Editor: Jumardin Akas
Ayu, Kades Cantik yang Tak Sungkan Ayungkan Parang

RAKYATKU.COM, BONE - Cantik, anggun, dan ramah. Seperti itulah kesan pertama yang tergambar dari sosok perempuan kelahiran 28 November 1977 silam ini.

Perempuan yang menjabat Kepala Desa Mattirowalie, Kecamatan Bontocani, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan ini juga terkenal bijaksana dalam memimpin. 

Sri Rahayu Usmi, terpilih untuk kedua kalinya sebagai Kepala Desa Mattirowalie. Kepercayaan warga ini semakin menjadikannya perempuan yang tangguh dalam dunia politik.

Bahkan Ayu, begitu warga menyapanya, terpilih menjabat sebagai ketua Asiosasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bone.

Ayu, Kades Cantik yang Tak Sungkan Ayungkan Parang

(Ayu Saat Dilantik Sebagai Kepala Desa Mattirowalie Kabupeten Bone di Periode Keduanya)

Meski sebagai perempuan, alumnus SMAN 2 Bone ini dikenal dekat dengan warganya. Bahkan, ia banyak terjun langsung melakukan pekerjaan laki-laki. 

Ibu dari enam anak ini tak senang hanya memerintah sana-sini. Tiap saat ia akan terlibat langsung dalam tiap kegiatan di desanya. Bahkan, kerap kali Ayu ikut mengayungkan parang saat gotong royong bersama warga membersihkan desa. 

Ayu, Kades Cantik yang Tak Sungkan Ayungkan Parang

(Ayu bersama warga desa usai melakukan gotong royong di desanya)

Karena itu pula, ia sangat dicintai warga di Desa Mattirowalie. Terbukti, saat pilkades kedua yang diikutinya, ia meraih suara 75 persen dari wajib pilih dari tiga dusun.

Sebagai perempuan, apalagi sebagai seorang ibu membuat dirinya dengan mudah berbaur hingga membantu kaum wanita di dapur.

Andi Usmi juga senantiasa memberi wawasan kepada perempuan di Desa Mattirowalie dalam membantu suami berusaha, utamanya di sektor pertanian yang banyak dilakoni warganya.

"Indahnya berdesa! Indahnya hidup di desa, indahnya kala kita bisa membantu dalam segala hal terlebih ketika kita mampu mewujudkan harapan dan keinginan warga," kata Ayu.

Desa Ayu terbilang jauh dari ibu kota Kabupaten Bone, berada di sebelah barat terpaut puluhan kilometer. Desa Mattirowalie berbatasan dengan Camba, Desa Benteng. Desa Mattirowalie terbagi tiga dusun yakni, Dusun Kanrung, Dusun Lita dan Dusun Taring Telue.

Ayu, Kades Cantik yang Tak Sungkan Ayungkan Parang

Si kades satu ini ternyata cukup mengidolakan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Menurutnya, gaya kepemimpinan SYL memberinya inspirasi dalam memimpin warga di desanya.

"Banyak belajar dan menimba ilmu dari pemimpinnya Gubernur se-Indonesia. Saya banyak meniru kedekatan dan cara kerja sang komandan Syahrul Yasin Limpo," katanya pada Rakyatku.com.