06 November 2016 19:46 WITA

Kabag Humas & Protokol Enrekang Arlan Razak

"Jabatan Itu Amanah, Pimpinan Senang Hanya Bonus"

Editor: Jumardin Akas

RAKYATKU.COM, ENREKANG -  Totalitas menjalankan amanah pekerjaan yang diembannya adalah karakter yang dimiliki Arlan Razak.

Sosok yang kini memegang jabatan Kabag Humas dan Protokol Setda Enrekang sejak dua tahun lalu. Baginya, jabatan apapun yang diemban adalah amanah dari Allah. Sehingga, bekerja diniatkannya sebagai bagian dari ibadah.

"Jabatan itu amanah dari Allah, bukan dari manusia. Saya tak pernah minta untuk ditempatkan di posisi tertentu. Jadi di manapun saya ditempatkan, bekerja profesional sesuai tupoksi. Itu yang utama," ujar pria yang lahir dan besar di Makassar ini.

Mantan Camat Cendana yang juga alumni STPDN Jatinangor ini memang telah digembleng untuk senantiasa loyal terhadap pimpinan atau atasan. Tentunya, dengan menunjukkan kinerja yang baik.

"Saya memang bukan yang terbaik, tapi sebagai bawahan kami dididik untuk selalu loyal dan respek kepada pimpinan, dalam hal ini bupati sebagai pimpinan tertinggi. Jika pimpinan suka kinerja saya, itu hanya bonus. Sebab, kerja bukan karena ada niat tertentu," lanjut pria 40 tahun yang lahir dari orangtua birokrat tulen.

Jabatan Kabag Humas mengantarkannya selalu berada dekat dengan awak media tiap harinya. Menjalin komunikasi yang baik dan membangun keakraban dengan para kuli tinta adalah upayanya mendorong pembangunan lewat akses media.

"Media itu sangat penting, karena juga salah satu akses untuk mendorong pembangunan pemerintah," terang Arlan yang senang bercengkrama dengan awak media.

Meski akrab dengan para pemburu berita, tak pernah sedikit pun dirinya memanfaatkan itu untuk menghalangi kerja jurnalis. Khususnya jika hal tersebut berhubungan dengan kinerja pemerintahan di Enrekang. Asal, baginya semua informasi yang disajikan sesuai dengan etika yakni adanya perimbangan.

"Silakan kontrol pemerintah, asal dalam setiap penerbitan beritanya harus ada konfirmasi demi berimbangnya berita tersebut. Bukan asal muat saja," tutup sosok yang kerap disapa Pak Ustaz ini.

Kegiatan dan acara pemkab yang berkaitan dalam keprotokoleran, di tangan Arlan berjalan sukses. Koordinasi yang baik dengan bawahannya menjadi kunci untuk bisa meminimalisir kesalahan di lapangan.