19 November 2016 17:26 WITA

Kisah Ananda, Anak Tukang Becak yang Kini Jabat Kapolsek (1)

Editor: Mulyadi Abdillah
Kisah Ananda, Anak Tukang Becak yang Kini Jabat Kapolsek (1)
Ananda Fauzi Harahap bersama keluarga. Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Terlahir dari keluarga yang serba kekurangan, bukanlah halangan menggapai cita-cita. Percayalah, Tuhan itu maha adil sepanjang berusaha dan berikhtiar. 

Itulah prinsip hidup yang dipegang Ananda Fauzi Harahap, Kapolsek Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Tak banyak yang mengetahui Ananda dilahirkan dari keluarga kurang berada. Ayahanda Ananda, Mendiang Mukhlis Harahap cuma bekerja sebagai tukang becak. Sementara ibunda, Halimah (60), menjalani bahtera keluarga sebagai ibu rumah tangga. 

Ibunda tercinta pun kerap membantu keuangan keluarga agar asap dapur terus mengepul. Yakni, mengajar mengaji para tetangganya.

Ananda ditempa dari seorang bapak yang tegas dan konsisten. Sejak berada di bangku sekolah dasar di Medan, Ananda sudah diajarkan betapa pentingnya pendidikan.

Belajar dan terus belajar. Jarak sekolah dan rumahnya yang jauh tak soal. Selama enam tahun di bangku SD, Ananda menempuh selama satu jam dari rumah ke sekolah dengan menggunakan sepeda. 

Bukan jalanan aspal yang dilalui,  melainkan tanah yang penuh dengan lumpur di musim hujan dan penuh dengan debu di musim kemarau.

Keseriusan pria kelahiran Medan, 4 Januari 1984 itu untuk belajar dan belajar, berbuah manis. Sejak duduk di kelas satu hingga kelas enam SD, Ananda selalu masuk dua besar dalam hal rangking. 

"Ayah memang tegas dalam mendidik. Jika saya tidak rangking, maka akan mendapat hukuman. Setiap malam almarhum mengawasi kami saat belajar," kenang Ananda.

"Rumus-rumus fisika, kimia ataupun matematika saya tempel di dinding kamar, bahkan di plafon. Semuanya penuh dengan rumus," ungkapnya.

Jiwa kepemimpinan Ananda pun sudah ada sejak di bangku SD. Rangking I dan II yang kerap diraihnya dinobatkan sebagai ketua kelas.

Bakat leadership itu terus berlanjut saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bukan lagi ketua kelas, melainkan Ketua OSIS. Ayah dua anak ini juga mantan paskibra dan memimpin pramuka di kampung halamannya.

Ananda memang gemar membaca. Buku apa saja dilahapnya sepanjang memberikan ilmu pengetahuan dan informasi. 

"Saya memang hobi membaca. Saya kumpul-kumpul uang jajan untuk membeli buku bekas di pasar loak. Lebih banyak buku dari pada pakaian," ujarnya tertawa.

Pasca menyelesaikan pendidikan di SMA, Ananda memutuskan untuk mendaftar di Akademi Kepolisian di Polda Sumatra Utara pada tahun 2002. Hasilnya, Ananda lulus dan mampu menyelesaikan pada tahun 2005 dan bertugas di Aceh. 

Ananda kini bertugas di Sulawesi. Sudah lima tahun. Ananda pernah menjabat sebagai Kasat Intel Polres Gowa, Panit Binmas Subdit 1 Polda Sulsel. Pada bulan April 2016, Ananda dipercayakan  menjabat sebagai Kapolsek Ujung Pandang. (Bersambung)

Biodata
Nama: AKP Ananda Fauzi Harahap
TTL: Medan, 4 Januari 1984
Istri: Dr Rina Elfia lubis
Anak: 
- Keisya Adarasifa Harahap (5)
- Fairel Athriz Chalief Harahap (3).
Ayah Kandung: (Alm) Mukhlis Harahap
Ibu Kandung: Halimah