31 December 2016 10:03 WITA

Mengenal Seyka, Polisi Berparas Manis

Editor: Almaliki
Mengenal Seyka, Polisi Berparas Manis
Seyka dan ayahnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setiap orang memiliki cita-cita di masa kecil. Ketika ditanya, jawabannya bisa beragam; ada yang ingin jadi dokter; pilot; artis; atau bahkan bercita-cita jadi presiden.

Kadang, hal itu tak terwujud. Saat dewasa, kita diberi anugerah yang lain. Yang lebih menyenangkan, tentunya. Tetapi, bercita-cita bukanlah kesalahan. Dalam nukilan pepatah, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit dan jika kamu terjatuh maka kau akan jatuh di bintang-bintang, memang kerap jadi nyata.

Persis yang dialami Seyka Sabrina Sainal. Sejak kecil, ia bercita-cita untuk menjadi polisi. Saking inginnya, ia nekat mendaftar polisi, meski hasil ujiannya di Sekolah menengah Atas (SMA) belum keluar.

"Dua tahun lalu saya nekadkan diri mendaftar Bintara, meskipun pada saat itu saya masih menunggu hasil Ujian Nasional (UN)," ungkap Seyka, alumnus SMAN 06 Makassar, ini.

Kenekatan Seyka tak sia-sia. Cita-citanya untuk berseragam cokelat, terwujud. Ia dinyatakan lulus setelah mendaftar di Polres Maros. Kini, Polrestabes Makassar menjadi tempat tugas pertama alumnus SMPN 16 Makassar ini.

Lulus jadi polisi saat pendaftaran pertama tak membuat dara kelahiran Makassar 9 juli 1996 menjadi besar kepala. Ia tetap rendah hati, dengan mengaku kalau kelulusannya sebagai anugerah dan rezeki.

"Saat pertama kali daftar polisi langsung lolos. Alhamdullilah, rejeki masuk polwan yang memang sudah jadi cita-cita," tambah alumni SD INPRES PAI II, Sudiang ini.


 
Bripda Seyka kini bertugas di Polsek Panakkukang, Polrestabes Makassar. Menjadi Polwan, wanita yang aktif di OSIS sejak menempuh pendidikan di SMP ini, ternyata suka main voli. Mampu menjadi modal, gadis manis berpipi tembam ini, mengaku tak pernah kepikiran.

"Karena cita-citaku dari dulu, memang polisi. Kalau jadi model, dari kecil sampai sekarang susah jalan cantik, jadi tidak cocok jadi model," ungkap Seyka dengan canda.

Menjadi polwan dengan tugas dan tanggung jawab yang berat, Seyka telah bertekad untuk mengabdikan diri dengan baik. Selain itu, pengabdian terhadap keluarga tak luput darinya. "Sebagai anggota Polri saya akan berikan yang terbaik untuk Nusa dan Bangsa, maupun keluarga," ungkapnya.

Mendaku Diri Sebagai Anak Mami

Dua tahun sudah Seyka menjadi abdi Negara sebagai Polwan. Kerja profesional yang menjadi tuntutan profesi pun dijalankan dengan baik. Sisi lain Seyka, buah hati dari pasangan Iptu Sainal Nappe (45), Paminal Bid Propam Polda Sulsel dan Nirwana Malik ini mengaku belum bisa berjauhan dari orangtua, terutama Ibu.

"Sampai saat ini belum bisa pisah sama orangtua. Belum bisa pisah sama mama. Kasihan kalau ditinggal lama. Sendiri terus di rumah," ungkap Seyka, anak sulung dari dua bersaudara.

Seyka menceritakan, saat mengikuti pendidikan selama 7 bulan di Jakarta pasca-dinyatakan lulus di Polres Maros. Tak jarang ia menangis saat kangen dengan orangtuanya yang berada di Makassar.

"Anak perempuan susah pisah sama mamanya, jadi pasti nangis. Waktu pendidikan, biasa nangis kasihan. Jakarta-Makassar jauh, sedih pisah sama orangtua saat itu," tambahnya.