31 December 2016 15:08 WITA

Mengenal Komandan Anita, Spesialis Pengungkap Kasus Narkotik di Sulsel

Editor: Almaliki
Mengenal Komandan Anita, Spesialis Pengungkap Kasus Narkotik di Sulsel

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polsek Kawasan Pelabuhan Soekarno Hatta mendadak jadi sorotan utama, Sabtu (31/12/2016). Betapa tidak, narkotik jenis Sabu seberat kurang lebih 10 kilogram yang hendak diselundupkan lewat pintu laut terbesar di Sulawesi Selatan ini, berhasil digagalkan oleh personel Polsek Pelabuhan.

Adalah AKP Anita Taherong, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Soetta, sosok wanita tangguh yang menjadi sutradara pengungkapan barang haram ini. Pengungkapan ini juga menjadi kado perpisahan yang indah buat wanita kelahiran Bulukumba, 20 Juli 1982 silam.

Wanita berperawakan sederhana ini diketahui telah resmi menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Sidrap, namun pada Senin (2/1/2017), barulah ia akan melakukan serah terima jabatan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Soetta.

AKP Anita Taherong dikenal sebagai seorang abdi negara yang rendah hati yang sarat prestasi. Ia mengubah pandangan masyarakat yang sebelumnya memersepsikan polisi sebagai sosok yang galak dan menakutkan, menjadi pribadi yang menyenangkan dan ramah.

Di usianya yang kian matang ini, sudah banyak prestasi dilahirkan AKP Anita. Adalah penutupan tambang galian C yang terdapat di Kecamatan Ujung Loe, pengungkapan sejumlah kasus pencurian ternak di Bulukumba, termasuk penangkapan judi sabung ayam di wilayah Tanete, sewaktu menjabat Kapolsek Bulukumpa.

Yang lain, 5.600 detonator bom di dermaga sewaktu menjabat Kapolsek Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, juga diungkapnya. Pula pengungkapan jaringan Internasional edaran narkoba di Pelabuhan Soetta sebanyak 900 gram, pada  8 Desember 2016. Hingga terakhir, pengungkapan sabu 10 kilogram, di penghujung tahun 2016 ini.

 

Anita sendiri menyelesaikan studi S-1-nya di jurusan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin tahun 2005. Sebelum menjabat Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Anita Taherong memulai karirnya sebagai Bintara Polri di BA Bidang Binkum Polda Sulsel.

Lulus dari Sekolah Perwira Seleksi Pendidikan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri , ibunda dari Widya Sri Wulandari A Taherong dan Wira Adiwidya Putra Wicaksono A Taherong ini, kemudian dipercaya menjabat Kanit PPA Satreskrim Polres Bulukumba 2009.

Masih di Polres Bulukumba, Anita kemudian menjabat Kanit 1 dan 2 Satreskrim, hingga dipercaya menjabat Kaur Bin Ops Sat Reskrim dan Kaur Bin Ops Satnarkoba pada tahun 2012. Wanita yang hobi makan mi dan olahraga ini, pertama kalinya menjabat Kapolsek di Ujung Loe Bulukumba dan Kapolsek Bulukumpa tahun 2014-2015. Hingga akhirnya, ia dipercaya menjabat Kapolsek Pelabuhan Soetta Polrestabes Makassar.

Meski masa pengabdiannya sebagai personel Polri sudah memasuki usia ke 34 tahun, putri kedua dari enam bersaudara ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk tugas-tugasnya, ketimbang keluarga. Menurut dia, sebelum meraih kesuksesan, banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya, membagi waktu antara belajar, latihan, dan tugas.

Bahkan tak jarang, Anita harus tidur di kantor, ketimbang pulang kumpul bersama anak dan suaminya. “Yang paling sulit itu membagi waktu, terkadang aku berpikir sedih karena harus meninggalkan keluarga di kampung. Bahkan, aku harus meninggalkan anak dan suami selama berbulan-bulan,” tandas kakak kandung AKP Fantry Taherong, anggota Spripim Polda Sulsel ini.