Kamis, 07 September 2017 12:34 WITA

Era Digitalisasi dan Wartawan di Mata Pak Ci'

Editor: Almaliki
Era Digitalisasi dan Wartawan di Mata Pak Ci'

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bertemu dengan sosok Pak Ci'-Sapaan akrab Siek Citra Yohandra- selalu menyenangkan. Sebab Vice President Director PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) ini, selalu punya hal yang dengan mudah untuk dibagi. Ilmu, pengalaman, dan caranya melihat keadaan.

Pagi ini, Kamis (7-9-2017) rombongan Rakyatku.com yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama Rakyatku.com, Subhan Yusuf, mendapatkan waktu selama sejam untuk berdiskusi dengan Pak Ci. 

Pak Ci' memang selalu punya ide, saran, dan kritik yang tajam mengenai kondisi masyarakat "kekinian". Pada pertemuan itu, Pak Ci' menggarisbawahi beberapa hal, salah satunya adalah tentang era digital dan konvensional yang sedang dalam masa transisi. 

"Kondisi saat ini memang tidak bisa diprediksi. Peluang untuk bersaing di dunia digital semakin besar. Tidak butuh modal besar dan sasaran pasarnya tidak terbatas bisa menjangkau seluruh dunia," katanya.

Era Digitalisasi dan Wartawan di Mata Pak Ci'

Selain soal era digitalisasi. Pak Ci' juga membahas soal wartawan yang ideal di matanya. Menurut dia, seorang wartawan adalah mereka yang memiliki tiga hal, menulis dan memberitakan sesuatu yang benar, dapat dipertanggungjawabkan, dan menulis dengan bijaksana.

"Seorang wartawan juga harus profesional. Apa artinya profesional? Ya itu paham dan mengerti betul bidang yang didalami, independen, dan tidak bisa dibeli," katanya. 

Menjadi wartawan, kata Pak Ci', tidak cukup hanya dengan turun ke lapangan dan menulis berita. Menjadi wartawan harus memiliki wawasan mendalam dan luas mengenai topik yang dibahas. Seorang wartawan harus cerdas dalam bertanya, dan mampu memanfaatkan teknologi. 

Berimbang, kata dia adalah satu hal yang mesti dimiliki wartawan. Tidak serta merta menerima apa yang disampaikan narasumber, tetapi harus punya referensi yang cukup untuk melahirkan pertanyaan yang berkualitas.

Era Digitalisasi dan Wartawan di Mata Pak Ci'

"Kalau tidak menguasai topik yang akan dibahas bagaimana? Tentu akan gampang ditipu sama narasumber," katanya lugas.

Terakhir, kata dia, seorang harus memiliki tujuan besar dalam hidupnya. Sesuatu yang menjadi tujuan terbesarnya dalam berjuang menghadapi masalah. Dalam kehidupan, menyelesaikan masalah satu per satu bertujuan untuk meningkatkan nilai dalam diri masing-masing

"Jangan lari dari masalah. Karena setiap masalah yang kita selesaikan, akan mengangkat kita setingkat lebih tinggi. Meningkatkan nilai dan kemampuan yang tidak akan bisa dibeli dengan uang," katanya.