Selasa, 20 Februari 2018 17:20 WITA

Rumus Rahasia Jadi Pengusaha ala Rusdi Hidayat Jufri

Editor: Abu Asyraf
Rumus Rahasia Jadi Pengusaha ala Rusdi Hidayat Jufri
Rusdi Hidayat Jufri (kanan) bersama mantan Menteri Keuangan Malaysia, Tan Sri Sanusi.

Kalau ada pemilik perusahaan yang super sibuk dan tidak bisa tidur nyenyak, berarti dia bukan pengusaha yang sesungguhnya.

UNGKAPAN ini terdengar aneh. Bukankah untuk mencapai kesuksesan itu butuh kerja keras? Setiap orang tentu punya persepsi berbeda-beda.

Bagi Rusdi Hidayat Jufri, tak selayaknya pemimpin di sebuah perusahaan bekerja lebih keras daripada karyawannya. Bila itu terjadi, bos perusahaan itu malah terlihat seperti karyawan. Sementara staf atau karyawan di perusahaannya jadi bos.

Contohnya begini. Seorang direktur bekerja keras membangun relasi, memperluas jaringan setiap hari. Dia nyaris tidak punya waktu luang akibat kesibukan tersebut. Tujuannya hanya satu, mendatangkan uang sebanyak-banyaknya untuk perusahaan. Harapannya, gaji karyawan bisa dibayarkan setiap bulan.

"Kalau begini, yang jadi bos sebenarnya siapa?" tanya Rusdi yang juga presiden Global Entreprenuer Profesional (Genpro) Sulsel dalam sebuah bincang-bincang dengan Rakyatku.com, belum lama ini.

Putra mantan direktur utama PT Semen Tonasa, Muhammad Jufri mengatakan, dalam hidup ini memang dibutuhkan kerja keras. Namun, jangan sampai usaha untuk mengumpulkan harta itu menyita sebagian besar waktu di dunia.

Akibatnya, seseorang tidak punya waktu yang cukup untuk mengerjakan kebaikan yang lain. Lebih parah lagi jika seseorang memiliki banyak uang, namun tidak bisa menikmati hidupnya.

Rusdi lalu membeberkan tren bisnis modern. Seorang pengusaha bisa mengumpulkan banyak uang, tetapi tetap punya banyak waktu untuk membaktikan dirinya pada kegiatan sosial dan keagamaan. Seperti apa itu? Ada baiknya kita lebih dahulu mengenal siapa Rusdi Hidayat Jufri. 

Alumni Elektronika yang Jadi Perancang Busana

HALAMAN
1 2 3 4 5 6