Sabtu, 03 Maret 2018 13:12 WITA

Lebarkan Sayap Daikin Sampai Papua, Rieky Yaphardana: Doa Orang Tua Kunci Sukses

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Lebarkan Sayap Daikin Sampai Papua, Rieky Yaphardana: Doa Orang Tua Kunci Sukses

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rieky Yaphardana, Owner PT Sumber Sejuk Mandiri, memulai usahanya dengan tekad dan nekat. Bagaimana tidak, ia berani merintis usaha dengan modal minim dan sukses melebarkan sayap Daikin hingga ke Papua.

Awalnya, ia bergabung dengan usaha milik kerabat. Namun ia memilih untuk merintis usaha sendiri di bidang penjualan Air Conditioner (AC) dan sparepart AC. Modal kecil ternyata tidak mengecilkan hati Rieky. Terbukti dengan dukungan keluarga dan kegigihannya, ia mendapatkan kepercayaan untuk memegang merk dagang Daikin, yang tergolong baru untuk pasar Indonesia.

"Dengan memegang merek dagang baru masuk, saya merasa mendapat tantangan. Karena Daikin sendiri belum dikenal masyarakat luas sehingga jad tantangan tersendiri untuk saya dan tim ," jelasnya.

Lebarkan Sayap Daikin Sampai Papua, Rieky Yaphardana: Doa Orang Tua Kunci Sukses

Bersama seorang salesnya, Rieky mulai menapak masa depan perusahaannya, dengan menawarkan produk yang dipegangnya dari instansi satu ke instansi lainnya, serta menyebar proposal demi proposal.

"Tidak butuh waktu lama usaha itu terbayar, dengan kerjasama yang terjalin dengan instansi dan perusahan mulai berjalan," tambahnya.

Waktu pun berjalan, perusahaan yang dirintis oleh pria kelahiran Makassar 30 Juni 1979 ini makin meningkat. Ia akhirnya bisa membuka toko bahkan showroom sendiri, di Jalan Sungai Celendu, Makassar.

Tidak sampai di situ, pria yang mengaku tak punya cita-cita ini mampu membuktikan dirinya, dengan mendapatkan support dari Prinsipal Daikin untuk menjadi dealer resmi all produk Daikin. Berbekal kepercayaan ini, Rieky mengantarkan Daikin melebarkan sayapnya hingga ke pasar papua dan Kendari.

Lebarkan Sayap Daikin Sampai Papua, Rieky Yaphardana: Doa Orang Tua Kunci Sukses

"Seiring waktu berjalan saya juga dapat tawaran untuk memegang produk AC Panasonic, karena melihat produk yang saya dikerjakan selalu mencapai target bahkan dapat bersaing dengan pemain lama di sektor penjualan AC. Dan sekitar awal tahun 2017 saya menerima tawaran Panasonic untuk menjadi dealer resminya," jelasnya.

Rieky mengatakan, tidak ada rumus khusus untuk mencapai posisinya saat ini. Namun menurutnya, jika melakukan pekerjaannya dengan tulus dan ikhlas kesuksesan itu bisa diraih.

"Berbisnis itu harus dengan cara yang benar. Jangan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan, dan jangan lupa untuk mengasihi dan menyayangi orangtua, karena doa orangtua adalah kunci sukses kita," pesan Rieky.

Berita Terkait