Selasa, 03 April 2018 10:23 WITA

Kisah SYL yang Doyan Keluar Sendirian di Malam Hari

Editor: Mulyadi Abdillah
Kisah SYL yang Doyan Keluar Sendirian di Malam Hari
Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ternyata susah tidur di malam hari. Agar bisa tidur dengan nyenyak, mantan Bupati Gowa dua periode ini memiliki cara unik tersendiri. 

Komandan, julukan SYL, memilih keluar sendirian mengelilingi Kota Makassar. Tanpa ada sopir, maupun Patwal yang mengawal. 

Jalur yang dilintasi pun sama setiap keluar selalu sama. Dari rujab ke Jalan Ratulangi, lalu menuju Jalan Haji Bau tembus ke Jalan Penghibur. Kemudian kembali ke Jalan Jenderal Sudirman dan masuk ke rujab. 

"Bapak itu kan orangnya maniak kerja, jadi biar dia tidur banyak juga difikirkan, jadi untuk membuat dirinya bisa tidur dengan nyenyak dia keluar ambil mobil mutar-mutar jalurnya dari Ratulangi, Haji Bau ke Penghibur dan Sudirman kembali ke rujab," ucap Sopir SYL, Haji Didi kepada Rakyatku.com baru-baru ini. 

Kisah SYL yang Doyan Keluar Sendirian di Malam Hari

Haji Didi yang setia menyopiri SYL selama 25 tahun memaparkan, sangat jarang publik yang tahu aktivitas itu. Sebab, mantan wagub Sulsel itu sangat jarang turun dari mobil. "Kalau keluar tetap memakai baju kaos yang sopan dengan celana panjang," katanya. 

Selain untuk me-refresh fikirannya, kebiasaan SYL keluar malam tersebut merupakan 'hiburan' tersendiri sekaligus 'memantau' aktivitas masyarakat Kota Makassar. 

"Itu mi juga cara menghibur dirinya di sela-sela kesibukannya, ketika keluar tengah malam dan melihat masyarakat aman dan damai. Tapi kalau ada yang temani baru dia singgah di warkop untuk ngopi," tutup Haji Didi.

Harus Kenyang Sebelum Tidur

Sang Komandan juga memiliki kebiasaan unik, khususnya sesaat sebelum tidur. Yakni wajib makan mi instan atau nasi goreng sebelum tidur.

Bukan karena lapar, tetapi memang telah terbiasa. Makanan itu pun tidak bisa digantikan dengan cemilan atau makanan ringan.

“Jadi kalo tidak makan sebelum tidur biasanya dia gelisah dan terbangun-bangun saat tidur. Tapi untuk sarapannya dia ndak repot, paling kopi sama madu,” ucap cucu pertama SYL, Andi Tenri Bilang 'Wesabbe' Radisyah Melati.??

Selain itu, kata Bibie, SYL tidak bisa tidur sendiri. Dia harus ditemani baik itu ibu, istri, anak ataupun cucu.